Tradisi di Daerah dalam Rangka Menyambut Bulan Ramadan

Kebiasaan atau budaya di tiap daerah pasti beda-beda. Perbedaan ini juga yang bikin Indonesia punya ragam yang banyak soal budaya. Dan, dalam menyambut bulan Ramadan, tiap daerah atau orang-orang punya khasnya masing-masing. Yuk kita tengok tradisi apa aja yang biasanya ramai sebelum Ramadan.


1. Munggah


Munggah ini tradisi menyambut bulan puasa. Hal yang biasa dilakukan saat munggah itu berkunjung ke rumah saudara yang lebih tua, ke rumah kakek, atau uyut-uyut. Di budaya Sunda, biasanya munggah ini digunakan untuk berziarah ke makam saudara atau kerabat. NYUNYU juga mau berkunjung ke rumah saudara ah..


2. Dugderan

Tradisi "Dugderan" ini berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Nama "Dugderan" sendiri berasal dari kata "Dug" dan "Der". Kata Dug diambil dari suara dari bedug masjid yang ditabuh berkali-kali sebagai tanda datangnya awal bulan Ramadan. Sedangkan kata "Der" sendiri berasal dari suara dentuman meriam yang disulutkan bersamaan dengan tabuhan bedug. Ayo-ayo kita main bedug sama meriam!



3. Dandangan


Kalau dandangan ini, ini adalah tradisi penyambutan Ramadan ala kota Kudus. Biasanya, sebelum masuk bulan Ramadan, di beberapa daerah muncul banyak pasar malem. Wah, asik nih sebelum puasa bisa belanja-belanja dulu.


4. Meugang

Meugang adalah tradisi asal Serambi Mekkah, Aceh. Nah, meugang ini adalah tradisi menyembelih hewan ternak sebelum datangnya bulan Ramadan. Biasanya, penyembelihan dilakukan dua hari sebelum datangnya bulan suci Ramadan. Sahabat-sahabat NYUNYU jangan sampe ada yang motong NYUNYU ya.


 

Kalau di daerah kamu, tradisi penyambutannya apa nih?




Nyunyu

#nyunyuTEAM!


ARTICLE BY Nyunyu



TAMBAHKAN KOMENTAR BARU

KOMENTAR

comments powered by Disqus